LANDASAN DAN TUJUAN PENDIDIKAN PANCASILA
Disusun
Oleh:
NAMA : RESTI
PITASARI
NPM :
36412148
KELAS :
3ID04
MATA KULIAH :
PENDIDIKAN PANCASILA
DOSEN PEMBIMBING :
CHOIRUL UMAM
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2014
DAFTAR ISI
Cover ...............................................................................................1
Daftar Isi ........................................................................................
2
A. Pengertian Pancasila
.............................................................................. 3
B. Pengertian pendidikan pancasila
.......................................................... 3
C. Tujuan Pancasila ....................................................................................
3
D. Tujuan Pendidikan Pancasila
............................................................... 3
E. Hakekat Mempelajari Pancasila ..........................................................
4
F. Landasan Pendidikan Pancasila
........................................................... 4
a.
Landasan
Historis
...............................................................................
4
b.
Landasan
Kultural
.............................................................................. 5
c.
Landasan
Yuridis
................................................................................
5
d.
Landasan
Filosofis .............................................................................. 6
Daftar Pustaka .....................................................................................7
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Pancasila
Kedudukan
dan fungsi Pancasila memiliki pengertian yang luas, baik dalam kedudukannya
sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa, ideologi negara dan sebagai
kepribadian bangsa bahkan dalam proses terjadinya.
B.
Pengertian
Pendidikan Pancasila
Pengertian dari pendidikan pancasila yaitu pendidikan nilai-nilai yang bertujuan membentuk sikap dan perilaku positip manusia/mahasiswa sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
Pengertian dari pendidikan pancasila yaitu pendidikan nilai-nilai yang bertujuan membentuk sikap dan perilaku positip manusia/mahasiswa sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
C.
Tujuan
Pancasila
Dalam Pembukaan UUD 1945 pada alinea
keempat, menyatakan:
”melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh
tumpah darah Indonesia,
memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan
bangsa dam ikut
melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan
kemerdekaan, perdama-ian
abadi dan keadilan sosial …”
Tujuan yang disebutkan pada alinea
keempat diwujudkan melalui penyelenggaraan negara yang bekerdaulatan rakyat dan
demokratris dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, berdasarkan
Pancasila dan UUD 1945.
Penyelenggaraan negara dilaksanakan melalui
pembangunan nasional oleh penyelenggara negara, yaitu lembaga tertinggi dan
lembaga tinggi negara bersama rakyat.
D. Tujuan
Pendidikan Pancasila
Tujuan dalam mempelajari pendidikan pancasila adalah untuk
menghasilkan manusia yang memiliki sikap dan perilaku sebagai berikut :
1. Agar beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME
2. Berprikemanusiaan
yang adil dan beradab
3.
Mendukung persatuan bangsa
4.
Mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama diatas
kepentingan
individu/golongan
5. Mendukung
upaya untuk mewujudkan suatu keadilan sosial dalam
masyarakat.
E. Hakekat Mempelajari Pancasila
1. Mengerti Pancasila yang benar.
2.Menghayati dan mengamalkan Pancasila.
3.Mengamankan Pancasila.
F.
Landasan Pendidikan Pancasila
Landasan
didalam pendidikan pancasila terdiri dari beberapa landasan, diantaranya yaitu
sebagai berikut :
a. Landasan Historis
Bangsa
Indonesia terbentuk melalui sejarah yang panjang didalam mencari dan menemukan
jati diri sebagai bangsa yang merdeka dan memiliki prinsip didalam pandangan
hidup serta filsafat hidup didalamnya terdapat ciri khas, sifat karakter yang
berbeda dari bangsa lainnya. Para pendiri bangsa Indonesia dirumuskan sederhana
yang meliputi lima prinsip atau yang dikenal dalam sila kemudian diberi nama
sebagai Pancasila. Dalam era reformasi bangsa Indonesia harus memiliki visi dan
pandangan hidup yang kuat agar tidak terombang-ambing ditengah masyarakat
internasional. Hal tersebut dapat terlaksana jika terdapat kesadaran terhadap
individu masing-masing yang berakar pada sejarah bangsa Indonesia. Sejarah
didalam nilai yang terkandung pada setiap sila Pancasila sebelum disahkan menjadi
dasar negara Indonesia secara obyektif historis telah dimiliki oleh bangsa
Indonesia itu sendiri. Asal usul nilai-nilai Pancasila tersebut tidak lain
adalah bangsa Indonesia itu sendiri sebagai Pancasila.
b. Landasan Kultural
Nilai-nilai kenegaraan dan kemasyarakatan
yang terkandung didalam sila-sila Pancasila bukan satu-satunya dari hasil konseptual
seseorang saja, tetapi hasil karya bangsa Indonesia yang diangkat dari
nilai-nilai kultural yang melalui proses filosofis para pendiri negara, oleh
karena itu generasi muda harus melestarikan secara dinamis atau mengembangkan
sesuai tuntutan jaman.
c. Landasan Yuridis
Landasan
yuridis (hukum) perkuliahan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi diatur
dalam UU No.2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 39
menyatakan : Isi kurikulum setiap jenis, jalur dan jenjang pendidikan wajib
memuat Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan.
Demikian juga berdasarkan SK Mendiknas RI, No.232/U/2000, tentang Pedoman Penyusunan
Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, pasal 10
ayat 1 dijelaskan bahwa kelompok Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, wajib
diberikan dalam kurikulum setiap program studi, yang terdiri atas Pendidikan
Pancasila, Pendidikan Agama, dan Pendidikan Kewarganegaraan. Sebagai
pelaksanaan dari SK tersebut, Dirjen Pendidikan Tinggi mengeluarkan Surat
Keputusan No.38/DIKTI/Kep/2002, tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Mata Kuliah
Pengembangan Kepribadian (MPK). Dalam pasal 3 dijelaskan bahwa kompetensi
kelompok mata kuliah MPK bertujuan menguasai kemampuan berfikir, bersikap
rasional dan dinamis, berpandangan luas sebagai manusia intelektual. Adapun
rambu-rambu mata kuliah MPK Pancasila adalah terdiri atas segi historis,
filosofis, ketatanegaraan, kehidupan berbangsa dan bernegara serta etika
politik. Pengembangan tersebut dengan harapan agar mahasiswa mampu mengambil
sikap sesuai dengan hati nuraninya, mengenali masalah hidup terutama kehidupan
rakyat, mengenali perubahan serta mampu memaknai peristiwa sejarah, nilai-nilai
budaya demi persatuan bangsa.
d. Landasan Filosofis
Pancasila sebagai dasar filsafat negara dan
pandangan filosofis bangsa Indonesia, maka sudah seharusnya kita memiliki moral secara konsisten dalam merealisasikan setiap aspek
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Secara
filosofis bangsa Indonesia sebelum mendirikan negara adalah sebagai bangsa yang
berketuhanan dan berkemanusiaan, hal ini berdasarkan kenyataan obyektif bahwa
manusia adalah mahluk Tuhan YME. Setiap aspek penyelenggaraan negara harus
bersumber pada nilai-nilai Pancasila termasuk sistem peraturan
perundang-undangan di Indonesia. Oleh karena itu dalam realisasi kenegaraan
termasuk dalam proses reformasi dewasa ini merupakan suatu keharusan bahwa
Pancasila merupakan sumber nilai dalam pelaksanaan kenegaraan, baik dalam
pembangunan nasional, ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, pertahanan
dan keamanan.
Isi Pancasila
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan
dalam permusyawaratan/perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
DAFTAR PUSTAKA
http://gatot_sby.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/file/
17755/BAB+I.pdf\
Setijo, Pandji, 2006. Pendidikan Pancasila: perspektif sejarah
perjuangan bangsa, Edisi kedua, Jakarta: PT Grasindo,
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.
BalasHapusKAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.
Terima kasih banyak, artikel Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai referensi pembuatan RPP PPKN SMP kelas VII Kurikulum 2013 Edisi 2016
BalasHapus